Cara Membuat Kopi Tubruk Ala Cafe dirumah

Posting Komentar


Cara Membuat Kopi Tubruk Ala Cafe dirumah – Kopi tubruk adalah kopi yang paling umum dan paling laris di masyarakat kita. Kopi tubruk di perdagangkan mulai dari penjual pinggir jalan hingga cafe dan restoran mewah. Cita rasa kopi tubruk sudah sangat melekat di masyarakat sehingga kopi tubruk di perdagangkan di semua tempat ngopi.

Kopi tubruk dari namanya sudah jelas bahwa yang dimaksud dengan kopi tubruk adalah metode menyeduh kopi dengan air panas, atau “ditubrukan” antara  kopi dengan air panas. Untuk variasi pemanis bisa di tambahakan gula. Tetapi kalau penikmat kopi sejati biasanya lebih suka kopi tubruk tanpa gula, namun itu hanya masalah selera, bukan menjadi paten.

Kalau kopi tubruk hanya sekedar menyeduh kopi dengan air panas, apakah yang membedakan antara kopi tubruk biasa dengan kopi tubruk ala cafe? 

Ternyata ada meskipun terlihat sederhana dalam membuat kopi tubruk, tetapi untuk mendapatkan hasil yang maksimal perlu metode khusus dalam membuat kopi tubruk agar rasanya lebih mantap seperti di cafe. Berikut ini langkah-langkah yang perlu di lakukan untuk membuat kopi tubruk ala cafe di rumah

Cara Membuat Kopi Tubruk ala Cafe dirumah

1. Takaran Kopi

Untuk mendapatkan cita rasa yang sempurna, takaran kopi perlu di perhatikan. Terlalu banyak kopi akan membuat kopi tubruk sangat pahit dan terlalu sedikit akan membuat kopi hambar. Oleh karena itu, perlu takaran agar cita rasa kopi bisa pas. Takaran yang umum digunakan adalah 10gram kopi murni untuk satu gelas kopi tubruk.

Takaran 10 gram kopi ini adalah standart yang biasa digunakan oleh café-café. Rasanya akan pass dan “buket”. Jika anda jarang ngopi dan tidak suka rasa pahitnya, tambahkan gula agar membuatnya lebih manis.

2. Panasnya Air

Untuk panasanya air juga perlu diperhatikan dalam membuat kopi tubruk. Panas yang pas untuk membuat kopi tubruk adalah 90-95 derajat celcius. Jika dirumah anda tidak memiliki termomether maka bisa matikan kompor saat gelembung air mulai muncul, jika sudah terlanjur mendidih bisa diampak selama 5 menit kemudian seduh dengan kopi.

3. Diamkan Selama 3 Menit

Untuk mendapatkan aroma dan rasa kopi yang nikmat, sebaiknya diamkan kopi selama tiga menit dengan cara menutupnya. Bisa gunakan penutup gelas atau piring di atasnya. Waktu 3 menit ini dibutuhkan agar kopi bisa larut dengan sempurna ke air panas dan waktu untuk menunggu agar panasnya kopi menurun. Sehingga saat tutupnya dibuka maka aromanya akan kuat dan sudah tidak terlalu panas jika ingin diminum.

Itulah 3 langkah yang perlu diperhatikan jika anda ingin membuat kopi tubruk ala café. Jika anda tidak terlalu suka dengan rasa pahit yang ada dalam kopi tubruk murni maka bisa tambahkan gula sesuai selera. Proses penambahan gula yang dilakukan di café-café juga biasanya di lakukan oleh konsumen sendiri agar rasa manis yang di inginkan bisa disesuaikan.

Lebih baru Terlama

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter