Pengertian Kopi Robusta

Posting Komentar


Pengertian Kopi Robusta - Kopi Robusta adalah salah satu jenis kopi. Selain jenis kopi robusta, ada jenis lain yang populer di Indonesia, yakni arabika dan liberika. Kopi jenis robusta ini memiliki cita rasa tersendiri dengan kriteria jenis kopi dan lokasi penanaman. Ketinggian tanaman kopi dari permukaan air laut akan sangat mempengaruhi dari rasa kopi itu sendiri.

Kopi robusta tumbuh di ketinggian dibawah 1000 meter dari permukaan air laut. Jenis kopi robusta lebih tahan suhu panas dan lebih mudah dirawat. Berbeda dengan kopi arabika yang memiliki kecocokan dengan lokasi antara 1000-2000 meter diatas permukaan air. Jenis kopi arabika cocok dengan suhu 14-24 drajat celcius.

Kopi Robusta memiliki cita rasa yang lebih pahit karena memiliki tingkat cafein sebanyak 1,7-4%. Tingkat kepahitan ini didapatkan karena lokasi yang berada di dataran rendah. Sementara jenis kopi arabika yang di tanam di dataran tinggi memiliki rasa pahit dan agak asam dengan tingkat cafein sebanyak 0,8-1,7% saja.

Meskipun rasa kopi nantinya akan dipengaruhi oleh proses-proses pendukung lainnya, seperti proses roasting hingga penyedukan tetapi secara umum dan pada dasarnya jenis kopi robusta dominan pahit sedangkan arabika memiliki rasa sedikit pahit bercampur dengan rasa asam.

Selain lebih pahit, Tanaman kopi robusta juga lebih tahan terhadap hama sehingga perawatannya lebih mudah di bandingkan dengan kopi arabika

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter